Buruan Daftar, Pemkab Pesawaran Buka Kuliah Geratis di STTD

Selasa, Maret 14, 2017
Pesawaran (SNC): Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran, saat ini tengah melakukan proses validasi terhadap para calon mahasiswa baru yang akan disekolahkan geratis ke Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). 

Proses validasi telah dilakukan sejak 9 maret 2017 lalu, dan akan berahir pada 31 Maret mendatang. sekolah lanjut ini merupakan tindaklanjut MoU antara Pemkab dengan pihak STTD beberapa waktu lalu, mengenai peningkatan kualitas SDM dalam hal pengelolaan transportasi darat, yang diwujudkan pada kuota kuliah di STTD.

 "Putra-putri asal Pesawaran yang selesai mengikuti pendidikan disana (STTD) dapat langsung diangkat menjadi PNS untuk ditugaskan di Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran, karena, kita juga ada kuota sebanyak 36 orang dalam jenjang waktu beberapa tahun kedepan," ujarnya, Selasa (14/3/2017).

Untuk menjadi mahasiswa STTD, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa STTD asal Kabupaten Pesawaran, sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

"Yang paling utama syaratnya adalah calon mahasiswa merupakan putra-putri daerah asli Kabupaten Pesawaran, untuk pendaftar dari SMA harus jurusan IPA,  jika SMK jurusan Komputer, Elektro dan Mesin,  kemudian, nilai rata-rata harus 7 dan memiliki email," jelasnya. 

Sedangkan untuk syarat lainnya adalah untuk pria, tinggi minimal 165 cm dan untuk wanita 160 cm, serta usia maksimal 23 tahun, sementara bagi siswa/i yang masih menjalani pendidikan di kelas 3 SMA atau SMK bisa melampirkan surat keterangan dari kepala sekolahnya.

Setelah seluruh kriteria tersebut dapat terpenuhi, dan sudah ada validasi dari Dishub, selanjutnya, pendaftar harus langsung mendaftarkan diri ke website STTD serta mengikuti semua tahapan di STTD.

"Dalam rekrutmen ini juga, kita melibatkan BKD Pesawaran,  karena setelah lulus dari STTD,  nantinya para mahasiswanya akan langsung menjadi PNS. Jika semua rangkaian tes yang diikuti dinyatakan lulus, maka calon mahasiswa tersebut akan diberi rekomendasi dari Dishub Pesawaran dalam bentuk Ikatan Dinas (ID) dimana nantinya,  setelah lulus dari STTD,  akan bekerja dan menjadi pegawai di Dishub Pesawaran," terangnya.

Bagaimana mengenai biaya akomodasi saat menempuh pendidikan di STTD, Pemkab Pesawaran telah mengusulkan anggaran biaya per semester dan biaya makan melalui anggaran Dishub Pesawaran.

 "Nantinya biaya semester akan ditanggung Pemda Pesawaran, tapi kita juga akan sesuaikan dengan kemampuan APBD Pesawaran apakah hingga semester akhir atau tidak, yang pasti itu sudah kita usulkan," tandasnya. (Aji)
 .

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga