DD 2016 , Camat dan Desa Saling Lempar

Kamis, Maret 02, 2017
Pesawaran (SNC):  Adanya lima Desa di Kecamatan Gedongtataan belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban kegiatan penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2016, desa dan camat saling lempar tanggungjawab.

 Camat Gedongtataan mengaku tidak punya kewenangan terhadap laporan itu, sementara desa berpendapat jika laporan tersebut sudah diserahkan ke pihak kecamatan dan selesai urusan.

"Kami ini hanya melakukan pengawasan terhadap proses pembangunan fisiknya saja, dan itu telah kami lakukan secara periodik. Kalau untuk proses administrasi, Kecamatan tidak bisa melakukan pengawasan, sebab, Kewenangan camat tidak pada proses administrasinya," ungkap Camat. Rabu (1/3/2017).

Sementara itu, Kepala Desa Kutoarjo, Suprasoyo kekeh bahwa, pihaknya telah mengumpulkan laporan pertanggungjawaban penggunaan DD Tahun 2016 terhadap pihak Kecamatan Gedongtataan. "Sebenarnya kami sudah selesai mas, mungkin belum dikumpulkan oleh pihak Kecamatan terhadap BPMD Kabupaten Pesawaran," tuturnya.

"Dan sejauh ini tidak ada pemberitahuan kepada kami, kalaupun ada yang harus diperbaiki, pasti akan kita perbaiki," tukasnya.
Apalagi, sambungnya, laporan tersebut digunakan untuk proses pencairan DD Tahun 2017 ini. "Ya, sebelumnya pihak Kecamatan juga sudah kasih tahu, kalau laporan itu tidak segera diselesaikan maka, DD Tahun 2017 untuk Kecamatan Gedongtataan tidak akan dicairkan," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang Pemerintahan Desa M. Yusuf mendampingi Kepala Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (BPMD) Kabupaten Pesawaran Heksus, menuturkan ada lima desa yang hingga saat ini belum menyerahkan laporan DD. 

lima desa tersebut yakni Desa Bernung, Gedongtataan, Kutoharjo, Padang Ratu dan Pampangan. BPMD mengaku telah menghimbau kepada seluruh desa tersebut agar segera menyelesaikan laporan kegiatan DD 2016. (KTR- SNC)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga