Diiringi Gamelan, Bupati Lamteng Menari di Acara Melasati Umat Hindu

Sabtu, Maret 25, 2017
Lampung Tengah (SNC): Ribuan umat Hindu di Kabupaten Lampung Tengah mengikuti acara Melasati di Danau Tirta Gangga yang ada di Kampung Swastika Buana (SB 13) Kecamatan Seputih Banyak, Sabtu (25/3/2017).

Ada yang menarik dari acara yang digelar untuk menyambut Hari Raya Nyepi tahun 1939 Saka tersebut. Usai memberikan sambutan Bupati Lampung Tengah, Mustafa terlihat menari bersama beberapa pemangku atau tokoh umat Hindu setempat.

Diiringi musik gamelan trandisional Bali, bupati muda  ini nampak luwes menari, menyesuaikan irama. Aksi ini diikuti oleh Dandim Lampung Tengah Djajang Kurniawan dan pemangku adat lainnya.

Masyarakat Hindu yang hadir pun merasa terhibur dengan aksi bupati tersebut. Mereka memberikan tepuk tangan dan merapat ke panggung demi bisa menyaksikan lebih dekat bupati menari.

Dalam sambutannya, Bupati Mustafa mengatakan melasati merupakan ritual penyucian diri yang diharapkan menjadi ajang silaturahmi antar sesama umat hindu, sekaligus pelestarian budaya Bali di Lampung Tengah. Terlebih acara dilaksanakan di Danau Tirta Gangga, sebagai salah satu objek wisata di Lampung Tengah.


"Keberagaman suku dan budaya di Lampung Tengah merupakan daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar. Mari kita lestarikan budaya yang kita miliki, kita kenalkan secara luas. Saya bangga sekali telah menjadi bagian dari kekayaan budaya di Lampung Tengah," ungkapnya. (rls)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga