Disdik Pastikan Tiga SMP di Lamteng Terapkan UNBK

Rabu, Maret 15, 2017
Lampung Tengah (SNC) : Dinas Pendidikan Lampung Tengah memastikan akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditahun 2017. Ketiga sekolah tersebut diantaranya SMPN 2 Kota Gaja, SMP Lentera Waypengubuan dan SMP 1 Seputih Agung.

Kepala Dinas Pendidikan Lampung Tengah Helmi kepada wartawan menyebutkan, dari hasil rapat musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) di Lamteng, Ujian nasional ditingkat SMP digelar pada tanggal 17-21 April 2017. Ia menjelaskan, Ujian Nasioanal SMP tahun 2017 ini dikuti 205 sekolahan tiga diantaranya menggunakan system UNBK.

“Ya tahun ini ada tiga SMP ujianya pakai system Komputer (UNBK). Ini baru pertama kali. Mudah-mudahan semua lancar. Untuk persiapan sudah siap,” kata dia, saat dihubungi, Rabu (15/3/2017).

Lanjutnya, persiapan UNBK ditiga sekolah sudah dilakukan dari mulai pengecekan jaringan internet, latihan UNBK kepada siswa, sampai kematerialnya seperti perangkat Komputer sudah dilakukan. Selain itu pihaknya juga sudah mempersiapkan kendala jika terjadinya pemadaman listrik saat ujian berlangsung.

“Persiapan insyaalah sudah maksimal. Untuk kendala pada hari kemungkinan server down, atau mati lampu. Tapi semua sudah disiapkan solusinya,” ujar Helmi.

Selain menerapkan UNBK ditingkap SMP, Dinas Pendidikan juga menerapkan sistem komputerisasi saat ujian nasional kepada siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).  Helmi menerangkan meski UNBK tingka SMA SMK dan Sederajat dibawah naungan Porvinsi, Dinas Pendidikan Lamteng tetap mengikuti dan memantau jalanya persiapan UN dan UNBK tahun 2017.


“Kalau SMA kan wewenang Provinsi, tapi kita tetap iku memantau jalanya UN dan UNBKnya. Kalau ada yang ikut UNBK tingkat SLTA ada 13 SMA dan 33 SMK dari jumlah total 162 SMA sederajat di Lamteng,” terangnya. (uzi)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga