Harapan DPRD Pesawaran, Ada Wisata Dikelola Pemda

Jumat, Maret 10, 2017
Pesawaran (SNC): Disamping komisi II DPRD Kabupaten Pesawaran mendorong agar PAD dapat meningkat melalui destinasi Pariwisata, DPRD berharap kedepan pemeritah daerah memiliki Pariwisata yang dikelola oleh Pemda sendiri.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pesawaran, Sucipto menuturkan ada banyak potensi yang bisa dikembangkan didaerah tersebut, diantaranya wisata bahari, wisata Taradisional dan Wisata Agro.

"Ini bisa kita kembangkan untuk peningkatan PAD kita, maka kedepan bagaimana pemerintah daerah mempunyai dan mengelola wisata sendiri. wisata kita banyak tapi dari dulu belum ada satupun milik Pemda, ," ungkap Sucipto ditemui Sakanews.com, Kamis (9/3/2017)

Menurut dia tentang ini pihaknya telah membahas dengan dinas Pariwisata kabupaten setempat, dan hasilnya Dinas Pariwisata pun oftimis kedepan Pemda mampu membuat mengelola wisata sendiri.

Komisi II mengaku siap membeckup rencana tersebut agar kedepan benar-benar akan terwujud," Ini bukan sekedar wacana, kami juga akan selalu evaluasi dengan pola menggelar rapat rutin bersama Pemda, kita juga akan kawal, mereka juga sangat oftimis, selambat lambatnya 2018 kita sudah ada," Terang dia.

Apalagi sebutnya rencana induknya telah terbentuk oleh pemerintah daerah dan payung hukum juga terbentuk," kita sudah punya Ripda, kita sudah punya dasar. juga Perdanya regulasinya sudah ada, tinggal kita laksanakan," Jelasnya

Lalu bagaimana dengan kesiapan anggaran ditengah PAD minim dan masih sedang dalam upaya peningkatan ? lebih lanjut ia menjelaskan bahwa memang ditengah anggaran minim tentu ini sulit jika hanya mengandalkan APBD. 

Namun ia yakin Pemerintah Pesawaran dapat mencari terobosan agar kendala tersebut dapat diatasi. "Kita masih dapat menggali ini dari pemerintah Provinsi maupun pemerintah pusat, sehingga ini tercapai," ujarnya.

Disamping mendorong ke arah pembentukan wisata sendiri Sucipto juga mengatakan, DPRD juga mendorong agar Pemerintah Derah melakukan kerjasama dengan para pemilik wisata seperti Pahawang dan lainnya.

Tujuannya agar PAD terus meningkat. Kerjasama tersebut yakni bersama dalam bidang pembangunan. Retribusi yang tertib dari para pengelola wisata merupakan bentuk kepedulian bersama dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Pesawaran.

"Sementara ini belum ada PAD dari Pariwisata, maka kita dorong agar pemda mulai bekerjasama. tadi kita tanyakan dengan Dinas Pariwisata katanya mulai bekerjasama dengan Ringgung. harapan kita jangan hanya diringgung semua bisa diajak kerjasama,"Tutupnya. (aji)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga