Polres Pesawaran Tahan DuaTruk Pengangkut Batubara Asal Sumsel

Rabu, Maret 29, 2017
Pesawaran (SNC): Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Pesawaran, saat ini menahan dua truk pengangkut batubara asal Lahat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Truck tersebut terpaksa ditahan sebab supir tidak dapat menunjukan izin dokumen resmi perjalanan, pasca anggota satlantas Polres Pesawaran melakukan penertiban terhadap kendaraan berat di Tegineneng, Jumat (24/3/2017) lalu.

"Melintas di wilayah hukum Polsek Tegineneng, Sopir truk ini tidak mampu menunjukkan surat resmi perjalanan batubara yang mereka angkut, sehingga satlantas terpaksa melakukan penahanan terhadap dua truk tersebut," ujarnya Kapolres Pesawaran AKBP M. Syarhan.

Saat ini kasus sedang ditangani oleh Satreskrim, dan akan dilakukan pemeriksaan. "Pengakuan sopir batubara tersebut berasal dari lahat dan akan dibawa menuju Tangerang," katanya.

"Mereka juga mengaku ternyata sudah ada 6 truk rekannya yang sudah lewat terlebih dahulu, nah mereka ini yang terakhir, dan beban angkutan yang mereka bawa ini mencapai 40 ton," timpalnya.

Terkait izin pertambangan, Syarhan menerangkan, jika pertambangan tidak berizin maka sesuai dengan peraturan yang berlaku,  akan dikenakan hukuman 10 tahun penjara.

 "Ya kalau tidak ada izin, dapat dikenakan sanksi sesuai dengan pasal 158 dan 161 tentang izin pertambangan, ancaman hukumannya yaitu 10 tahun penjara," terangnya. (KTR/aji)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga