Pra Musrenbang, Pemkab Pesawaran Sepakati Prioritas Pembangunan

Rabu, Maret 15, 2017
Pesawaran (SNC) : Untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Pesawaran menggelar pra musrenbang yang dipusatkan digedung GSG Pemkab setempat, Rabu (15/3/2017). 

Seperti diketahui pada pra musrenbang tersebut Pemkab Pesawaran mengharapkan adanya kesepakatan rencana prioritas pembangunan dibumi Andan Jejama 
"Kegiatan ini sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Ya, ini merupakan rangkaian kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Pesawaran tahun 2018, " ujar Wakil Bupati Pesawaran, Eriawan.

Menurut Eriawan kegiatan ini memiliki tujuan penting, yang mampu menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi dan Nasional.

"Ini juga tujuannya untuk mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas serta menyepakati prioritas pembangunan daerah," tambahnya.

RKPD Tahun 2018 ini merupakan dokumen perencanaan tahun ke-2 pelaksanaan RPJMD Kabupaten Pesawaran 2016-2021, dan merupakan momentum yang strategis untuk terus memacu pencapaian target dan sasaran pembangunan daerah.

"Nantinya RKPD tahun 2018 akan digunakan sebagai acuan dalam menyusun program tahun anggaran 2018, sebab, Pemerintah Daerah telah menyusun Skala Prioritas Pembangunan dengan melakukan penajaman prioritas-prioritas pembangunan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pesawaran pada tahun 2018," jelasnya.

Eriawan mengharapkan agar nantinya kegiatan ini dapat menjadi sebuah masukan untuk penajaman dan pemutakhiran rancangan RKPD daerah.

"Semoga pra Musrenbang ini dapat menghasilkan kesepakatan tentang rumusan yang menjadi masukan utama untuk menajamkan dan memutakhirkan rancangan RKPD dan rancangan Renja-Perangkat Daerah dalam mewujudkan program kegiatan yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran," tutupnya. 

Untuk diketahui pra musrenbang tersebut selain dihadiri oleh Wabup, Eriawan, turut hadir pula DPRD, seluruh satker dan seluruh instansi terkait lainnya. (ktr/SNC)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga