Telaga Rejo Surganya Wisata Alam di Ujung Barat Lamteng

Senin, Maret 06, 2017
Lampung Tengah (SNC) : Telaga Rejo sebuah wisata alam  tersebunyi di ujung barat Kabupaten Lampung Tengah. Tidak banyak warga setempat  yang mengetahui keberadaan wisata ini. Wisata ini terletak di Kampung Sendang Baru Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah.

Untuk menuju kelokasi wisata ini, dari ibu kota Kabupaten Lampung Tengah yakni Gunungsugih menggunakan kendaraan roda empat mau pun sepeda motor hanya memerlukan waktu sekitar dua jam atau 62 kilometer (km). Akses jalan yang dilalui pun relative bagus, dari Gunung Sugih masyarakat bisa melalui jalur Gunung Sugih- Anak Tuha - Padang Ratu – Kalirejo dan menuju Sendang Agung.  

Wisata Telaga Rejo ini juga terletak di Lembah Gunung Bukit Barisan, disitu para wisatawan yang datang langsung disugihi pemandangan alam sesaat sebelum sampai dilokasi. Pemadangan itu berupa pegunungan yang indah berbaris diatas lokasi wisata.

Beberapa waktu lalu Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengunjungi wisata tersebut. Ia bersama rombongan sangat terkesan dengan keindahanya. Ia mengaharapkan wisata yang dibuka sejak 1985 itu dijadikan objek wisata utama masyarakat Lampung dan khususnya Lampung Tengah.



“Wisata ini sangat cantik, keindahan alam sangat terasa sekali, lokasi wisata ini harus kita kenalkan kepada masyarakat di Lampung. Ini loh Lamteng punya wisata menarik juga,” ujar Loekman saat minjau wisata Telaga Rejo, Minggu (5/2/2017) kemarin.

Disisi lain untuk mengunjungi Telaga Rejo ini, para wisatawan hanya merogoh kocek Rp 20.000,- saja perorang. Ditelaga Rejo banyak wahana untuk melakukan rekreasi sembari berfoto selfie bersama keluaga dan kerabatnya. Wahana yang disaguhkan berupa Danau dibawah lembah, dan pegunungan yang berbaris. Tidak hanya itu saja, area wisata dengan luas sekitar 5 hektar ini dilengkapi kolan renang, outbond dan sirkuit Grasstrack.

Pengelola Wisata Telaga Rejo Nuriyah S,Sos menjelaskan, sejak diresmikan menjadi destinasi wisata pada 1 Januari 2017 lalu, masyarakat sudah bisa menikmati keindahan alam di Telogo Rejo. Menurutnya, jika masyarakat berkunjung tidak akan kecewa dengan keindahan alam yang ada.

“Jadi pengunjung bisa menikmati alam, ada gunung yang buat praweding, selfie ria bersama pacar, saudara dan keluarga. Untuk yang hobi mancing bisa menyalurkan hobi mancingnya di danau. Nah disini juga ada Sirkut Grasstrack, yang hobi motor bisa menyalurkan juga. Dan buat piknik keluarga juga ada seperti kolam renang. Semua segera dilengkapi.



Bagi wisatawan yang berkunjung di Telaga Rejo dapat membeli oleh-oleh dilokasi. Seperti kripik pisang, gula merah dan buah buahan khas masyarakat lokal.

“Dengan dibentuknya kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis) para pengunjung bisa mendapatkan oleh-oleh pulang dari sini. Jadi kalau disini ramai pengunjung dan membeli oleh-oleh otomatis bisa meningkat perekonomian di Kampung Sendang baru,” terangnya.

Selanjutnya ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah untuk memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan wisata Telaga Rejo. Karena menurutnya, Telaga Rejo sangat potensial dijadikan destnasi wisata daerah dan peningkatan perekonomian di masyarakat.




“Kami berharap pemerintah mendukung penuh bentuk wisata Telaga Rejo ini. karena masih banyak perhatian kepada pemerintah untuk megembangkan wisata yang sangat potensial tersebut. Dan selain itu, Telaga Rejo sangat terbuka kepada masyarakat dan swasta yang ingin melakukan investasi disini,” ujarnya.

Camat Sendang Agung Pur Sulistiono mengatakan, ia menghimbau kepada masyarakat Lampung Tengah untuk mengunjungi wisata yang ada di Lampung Tengah seperti wisata Lembah Telaga Rejo.  Menurunya wisata Telaga Rejo Tidak kalah menarik dari wisata-wisata yang ada diluar Lampung Tengah.

“Yang didekat saja ada. Ngapain pergi kewisata didaerah lain, di Telaga Rejo juga enggak kalah menarik. Banyak wahan wisata alam yang menarik yang bisa dinikmati,” harapnya. (Ktr-Uzi)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga