Usulan Sekolah Soal UNBK Ditetapkan Sudah Final

Sabtu, Maret 18, 2017
Provinsi Lampung (SNC):  Ombudsman R.I Perwakilan Provinsi Lampung mengingatkan bahwa sistem UN untuk tahun 2017 ini bagi sekolah yang telah mengusulkan, sistem ujiannya akan dilaksanakan dengan cara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) . 

"Sekarang sudah masuk pada tahap simulasi pelaksanaan UNBK. Yang artinya sekolah-sekolah yang mengajukan diri untuk melaksanakan UNBK sudah final ditetapkan," Jelas Ombudsman R.I Perwakilan Provinsi Lampung ,Nur Rakhman Yusuf. Kamis (16/3/2017)

Nur Rakhman menjelaskan, tidak ada paksaan untuk semua sekolah menyelenggarakan UN dengan sistem UNBK. Akan tetapi hanya akan dilaksanakan bagi yang merasa sudah dapat melaksanakan.

Sekarang yang perlu dilakukan adalah persiapan sebaik mungkin. Bercermin pada evaluasi pelaksanaan UN tahun sebelumnya, sepatutnya pihak  penyelenggara di daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan sebagai leading sector memastikan persiapan pelaksanaan UN dapat lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Pastikan agar jangan sampai hasil evaluasi pelaksanaan UN di tahun lalu berulang di tahun ini,” ucap dia.

Selain itu, pelaksana dalam hal ini Panitia Pelaksana di Provinsi dan Kabupaten/Kota juga harus telah siap dengan segala kebutuhan di lapangan. Khususnya untuk UNBK, agar panitia mempersiapkan kemungkinan kendala-kendala akibat ketidaksiapan dalam hal sarana komputer termasuk  ketersediaan koneksi server.

“Hal yang tak kalah penting, salah satu permasalahan UN di Tahun 2016 adalah terkait listrik di beberapa tempat yang masih belum support,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan kepada PLN untuk turut serta berkomitmen dalam membantu kelancaran UN. PLN harus memastikan agar tidak ada sekolah yang terkendala dalam pelaksanaan UN khususnya UNBK.

Begitu juga diminta jangan sampai ada pungutan apapun kepada peserta UN, apalagi jika pungutan dilakukan dengan dalih sebagai pendanaan sarana dan prasarana UN. (KTR-SNC)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga