Waduh, Petani Pesawaran Mulai Malas Tanam Kakao

Rabu, Maret 08, 2017
Pesawaran (SNC): Selain Jagung Sigkong dan Padi, Hasil pertanian yang menjadi unggulan Provinsi Lampung termasuk Kabupaen Pesawaran diantaranya adalah Kakao.

Kakao di Kabupaten Pesawaran cukup dikenal di luar daerah, bahkan sempat dijadikan daerah percontohan bagi kabupaten kota lain. Kakao di daerah ini sempat pula diikut sertakan dalam program nasional karena kualitasnya telah diakui sangat baik. 

Sayang sekarang petani mulai malas memelihara tanaman ini. Barikut alasan petani yang dihimpun Sakanews.com melalui Komisi II DPRD Kabupaten Pesawaran.

Menurut Ketua Komisi II DPRD, Sucipto petani di daerahnya malas mempertahankan tanaman ini lantaran hasil bertani kakao mulai tidak sesuai lagi.

"Petani kakao malas karena hasilnya tidak sesuai. hasil panen dengan luasan lahan tidak sesuai lagi. ini kendalanya karena pohon terlalu tua," kata dia, Rabu (8/3/2017).

Agar tanaman ini tetap bertahan dan terus menjadi produck unggulan di Kabupaten Pesawaran, terus dia,  komisi II meminta Dinas Pertanian melakukan terobosan yang efektif membantu para petani.

Dinas Pertanian diminta mengambil langkah agar tanaman Kakao di Perasawaran tetap berkembang." Seperti peremajaan, Atau bisa menyalurkan bantuan bibit, juga bisa dengan pola sambung samping pucuk," saran dia.

"Memang karena anggaran di 2017 sangat minim maka ini belum dapat dilakukan. Tetapi tadi sudah kita tanyakan kepada Dinas Pertanian, kata mereka akan kejar ke pusat karena ternyata pemerintah pusat ada program ini," tambahnya. (KTR-SNC)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga