Dua Pasar di Tulang Bawang di Sidak Tim Keamanan

Kamis, Mei 04, 2017
Tulang Bawang (SNC): Tim Koordinasi Keamanan Pangan Terpadu Daerah Kabupaten Tulang Bawang melakukan pengawasan dan memonitoring rutin terhadap keamanan pangan di Kabupaten Tulang Bawang, Kamis, (4/5/ 2017).

Tim yang dibentuk dengan leading sektor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulang Bawang itu, mengunjungi dan melakukan sidak di dua pasar besar yang ada di Tulang Bawang, yakni Pasar Putri Agung Menggala dan Pasar Unit 2 Banjar Agung.

Tim Keamanan ini mengunjungi pedagang tradisional, serta memantau langsung produk pangan yang dijual pedagang mulai dari daging, ikan, sayur mayur, buah-buahan dan lain-lain, untuk memastikan aneka pangan tersebut ketersediaannya cukup dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat konsumen.

“Pada saat sidak tersebut, Tim Pemkab juga mengambil sejumlah sample pangan diantaranya berupa daging, ikan dan sayuran yang kemudian akan diteliti, untuk memastikan keamanan pangan yang dijual di ppasar-pasar di Tulang Bawang,” terang Suwandi, Kasi Peliputan dan Dokumentasi Dinas Kominfo Tulang Bawang yang ikut menjadi anggota Tim yang melakukan sidak pasar tersebut.

Sejumlah sampel pangan itu, menurutnya dibawa oleh Tim ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan Tulang Bawang untuk dilakukan test atau uji kandungannya, apakah aman untuk dikonsumsi atau ada pedagang ‘nakal’ yang sengaja menggunakan zat yang pengawet makanan yang dilarang seperti formalin dan lain-lain, yang dapat membahayakan kesehatan saat dikonsumsi masyarakat

“Hasil uji dari sample pangan itu nanti akan ditindaklanjuti oleh Tim, apabila nanti diketahui ada pedagang yang sengaja menggunakan formalin atau zat berbahaya lainnya akan ditindak. Sehingga diharapkan keamanan pangan yang dibeli dan dikonsumsi masyarakat di pasar-pasar yang ada dapat kita jaga keamanan dan kesehatannya bersama-sama,” pungkas Suwandi.(Pendi)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga