DPRD Tanggapi Pristiwa Kecelakaan Pick UP Pembawa Belasan Siswa

Senin, Februari 05, 2018
Pesawaran (SNC): Pristiwa kecelakaan mobil jenis Pick Up pembawa belasan siswa siswi sekolah MTS Mathla'ul Anwar Padang Cermin mendapat sorotan dari komisi IV DPRD Kabupaten Pesawaran  

Ketua Komisi IV DPRD Harto Susanto mengingatkan pentingnya sikap kepedulian pihak sekolah terhadap muridnya.

 "Saya sudah dengar berita itu, disinilah saya mau menekankan pentingnya sikap kepedulian guru serta pihak sekolah dalam fungsi memberikan pelajaran serta pengawasan terhadap murid," ungkapnya,  Senin (5/2/2018).

Menurutnya, tugas tenaga pendidik bukanlah cukup bicara soal pendidikan formal saja, tapi ada fungsi lain yang harus diberikan terhadap muridnya. 

"Kalau kita bicara tugas sekolah mungkin hanya pada saat jam belajar saja, tapi disamping itu, ada hal lain yang perlu kita sampaikan terhadap murid, salah satu contohnya adalah pemahaman tentang berlalulintas bagi muridnya," ujarnya.

Tak jarang, ditambahkannya, para murid berangkat ke sekolah menggunakan kendaraan sendiri tanpa mengerti tentang aturan Lalulintas. 

"Saya yakin, banyak anak sekolah yang tidak paham aturan Lalulintas, bahkan, kita sering lihat anak SD saja sudah mengendarai sepeda motor ke sekolah. Nah inikan perlu adanya pengawasan yang kuat baik itu dari orang tua maupun pihak sekolah," katanya

"Misalnya seperti peristiwa yang terjadi kemarin, mungkin anak-anak tidak tahu peraturan lalulintas, kalau naik diatas kap mobil itu berbahaya, disinilah peran sekolah khususnya, ketika sang anak pulang, lalu didepan sekolah naik angkot hingga diatas kap, itu harus ditegur," jelasnya

Harto meminta stake holder memberikan arahan terhadap pihak sekolah agar dapat lebih memperketat sistem pengawasan terhadap muridnya. "Saya minta Dinas Pendidikan, melalui koordinator sekolah dan para kepala sekolah untuk bisa memberikan pemahaman serta pengawasan terhadap murid di sekolahnya dan lebih meningkatkan rasa kepeduliannya," pintanya. 

Sebelumnya, Mobil jenis Pick Up bermuatan belasan siswa sekolah Mathla'ul Anwar di Padang Cermin terbalik di Desa Margodadi, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Sabtu (4/1/2018) siang

Belasan siswa sekolah tersebut dinyatakan luka-luka,  bahkan delapan diantaranya harus dilarikan ke rumah sakit, sebab mengalami luka cukup berat dan memerlukan perawatan tim medis. (ktr/za)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga