Kecelakaan Kerja, Pemkab Lamsel Tutup PT. San Xiong Steel

Selasa, Februari 13, 2018
Lampung Selatan (SNC):  Menindakjuti kecelakaan kerja yang terus saja berulang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menutup PT. San Xiong Steel

Penutupan sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan itu berawal dari adanya kecelakaan kerja yang dialami oleh Idris (30), Minggu (11/2).
Wakil Bupati Lampung Selatan, yang langsung melakukan peninjauan ke lokasi perusahaan, mengatakan, bahwa langkah penutupan itu sudah sangat tepat dan harus dilakukan. Sebab, diperusahaan yang bergerak dalam bidang peleburan dan produksi besi tersebut, kerap menimbulkan kecelakaan bagi para pegawainya.
“Tidak adanya pelayanan yang baik kepada pegawai dan karena dari pihak perusahaan tidak memenuhi persyaratan perlengkapan keselamatan kerja para pegawai, dengan sangat terpaksa Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, menutup perusahaan ini,” tegas Nanang saat menemui pihak jajaran manajemen PT. San Xiong Steel, Selasa (13/2/2018)
Lebih lanjut, Nanang juga meminta agar PT. San Xiong Steel benar-benar menghentikan seluruh aktivitas perusahaan, terhitung sejak dikeluarkannya putusan penutupan oleh Pemkab setempat kepada perusahaan terkait.
“Saya minta agar seluruh buruh-buruh yang ada disini untuk tidak ada lagi yang beraktivitas di PT San Xiong Steel. Jangan ada suatu kegiatan-kegiatan apapun lagi disin, sampai dengan adanya langkah tindak lanjut dari perusahaan,” jelasnya.
Sebelumnya, Pemkab Lampung Selatan sudah meminta PT. San Xiong Steel untuk menyediakan perlengkapan keselamatan kerja yang sesuai standar bagi para pegawai. Namun, permintaan itu tidak dihiraukan.
“Jajaran Pemkab saat itu, berdasarkan instruksi Bupati, sudah menyambangi PT. San Xiong Steel untuk memenuhi permintaan terkait perlengkapan safety pekerja, yakni pada tanggal 24 Januari 2017, tetapi, hingga saat ini ternyata masih belum dihiraukan oleh mereka,” tambah Asisten Bidang Ekobang Pemkab Lampung Selatan, Mulyadi Saleh, menuntaskan. (Bram/ADE)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga