Pengurus BUMDes Mesti Miliki Pola Fikir Bisnis

Kamis, Maret 01, 2018
Pesawaran (SNC): Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona minta kepada Pemerintahan Desa untuk dapat menggerakkan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) secara maksimal

Menurut bupati, BUMDes baik jika dapat dimaksimalkan, khususnya untuk menggerakkan rutinitas perekonomian masyarakat desa. 

"Untuk memilih siapa yang akan mengelola BUMDes, Pemerintah Desa juga harus melakukan musyawarah, jadi tidak asal tunjuk," kata bupati saat menghadiri Musrenbangcam Kecamatan Negeri Katon, di Balai Desa Lumbir Rejo, Kecamatan Negeri Katon, Kamis (1/3/2018).

Struktur pengurus BUMDes harus memiliki visi yang baik untuk mengembangkan sektor usahanya. Terutama memilih ketua BUMDes itu sendiri harus memilih sosok yang memiliki gagasan ide dan sudah siap terhadap pola bisnis. 

"Jangan tunjuk orang yang masih bingung mau diapakan BUMDes ini," katanya. 

Bupati juga menerangkan bahwa, Pemerintah Kabupaten Pesawaran juga telah memiliki program terhadap pengembangan BUMDes. Salah satunya adalah program 'GADIS' yaitu tambahan modal sebesar Rp100 juta, 

"Bagi Pemerintahan Desa yang ingin mendapatkan program itu harus mampu memenuhi kriteria diantaranya adalah Pemerintahan Desa harus memenuhi target capaian pajak bumi dan bangunan," terangnya. 

Disisi lain, ia menjelaskan bahwa, pada tahun ini Kecamatan Negeri Katon mendapatkan tambahan pagu anggaran sebesar Rp13 Milyar dibandingkan tahun lalu.

 "Tahun lalu (2017) Kecamatan Negeri Katon mendapatkan pagu anggaran untuk pembangunan sebesar Rp 46 milyar dan pada tahun ini (2018) meningkat menjadi Rp.59 Milyar untuk pembangunan pada sejumlah sektor," jelasnya.

Diketahui Musrenbang tersebut selain dihadiri oleh seluruh SKPD dan pihak pihak terkait,  Musrenbang juga dihadiri oleh Anggota DPRD Pesawaran, Rifanzi.  (ktr/za)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga