Komunitas Mata Semesta Tularkan Virus Membaca Melalui Buku

Senin, Mei 07, 2018
Pesawaran (SNC): Dizaman yang sudah serba digital, cukup diakui banyak kalangan masyarakat khususnya anak-anak muda mencari informasi menggunakan akses internet. 

Selain mudah diakses, cara ini pun tergolong simpel. Sebagian orang bahkan memilih memanfaatkan teknologi internet dalam mencari refrensi dan informasi, daripada memanfaatkan buku secara langsung untuk mendapatkan bahan bacaan

Hal ini lah yang menggagas anak-anak muda asli Kabupaten Pesawaran, untuk kembali membangkitkan minat baca melalui media buku, dengan membuat sebuah komunitas membaca yang diberi nama Komunitas Mata Semesta. 

"Mata Semesta terbentuk sebagai rasa peduli terhadap generasi muda di Pesawaran tepatnya di Kecamatan Gedongtataan, yang kami nilai masyarakat sudah ketergantungan dengan gadget sehingga buku saat ini sudah kurang diminati," jelas Sandi Rosadi selaku ketua komunitas tersebut. Senin (7/5/2018). 

Mata Semesta ini secara resmi diluncurkan pada Desember 2017. Meskipun konsep dan bentuk komunitas ini sudah dipikirkan oleh mereka sejak beberapa waktu yang lalu. 

"Untuk bergabung dalam komunitas 'Mata Semesta' ini pun nggak sulit, yang penting anggota yang ingin masuk ke komunitas kami ini memiliki minat dan niatan untuk meningkatan minat baca masyarakat di Kabupaten Pesawaran," ungkapnya.

"Dan Alhamdulillah Mata Semesta juga sudah bergabung di Pustaka Bergerak Indonesia dan masuk kedalam database PT POS Indonesia, serta setiap tanggal 17 selalu mendapat donasi buku gratis dari berbagai daerah," timpalnya.

Dirinya juga mempersilahkan kepada siapa pun  yang ingin donasi juga bisa datang secara langsung setiap Sabtu Minggu sore di islamic center Kabupaten Pesawaran.

Ia juga berharap kedepan dapat menularkan virus membaca semakin luas dari berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa."Kami berharap nantinya juga bisa bikin acara keren seperti bedah buku, maupun diskusi yang lebih luas lagi," tutupnya. (ktr/PS)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga