Lepas Bibit Ikan Jelawat, Jaga Ekosistem Perairan Tulang Bawang

Jumat, Mei 04, 2018
Tulangbawang (SNC) : Wakil Bupati Tulang Bawang, Hendriwansyah melepas Bibit Ikan Jelawat/ Jelabat yang dilaksanakan di Kawasan Tangga Raja Kelurahan Ujung Gunung kecamatan Menggala, Senin (30/4/2018). 

Selain dihadiri oleh Anggota Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang, Pj Sekretaris Daerah, Turut Hadir Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi Ir. Ahmad Jauhari Pamungkas, M.Si.

Kegiatan Pelepasan Bibit Ikan Jelabat ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang dengan Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi, yang pandang perlu dilakukan karena ikan jenis ini sudah mendekati punah, dan sangat jarang ikan jenis ini dijual dipasar Menggala.

 Restocking benih ikan ini adalah untuk meningkatkan stok populasi ikan jelawat/jelabat di perairan umum khususnya di sungai tulang bawang,

“kita berharap ikan yang kita lepas hari ini akan berkembang biak dan akan masuk ke anak–anak sungai Tulang Bawang juga ke rawa-rawa disepanjang aliran sungai," ujar Hendriwansyah.

"Ini perlu kita lakukan karena keberadaanya sudah mulai berkurang di alam bertujuan melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan asli sungai Tulang Bawang serta untuk menjaga keseimbangan ekosistim perairan umum di Tulang Bawang," Tambahnya

Pada akhir sambutannya Hendriwansyah mengajak dan menghimbau kepada seuruh masyarakat Tulang Bawang agar dapat menjaga dan memelihara ekosistem air sungai di Kabupaten Tulang Bawang

Ia juga mengingatkan agar kesadaran menjaga ekosistem air ini tidak hanya datang dari Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang saja namun kesadaran ini timbul dari hati nurani masyarakat itu sendiri.

(ADV)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga