BPOM Temukan Makanan Mengadung Boras dan Pewarna

Kamis, Juni 07, 2018
Lampung Selatan (SNC):  Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Lampung melakukan inspeksi berbagai jenis makanan di Pasar Sidomulyo, Rabu (6/6/2018).

Pengambilan sampel makanan menggunakan mobil laboratorium keliling ini merupakan salah satu bentuk pengawasan BPOM Provinsi Lampung terhadap produk pangan segar, menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Menurut Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan Firdaus Umar, BPOM Lampung menemukan sejumlah sampel makanan mengandung boraks, saat melakukan pengawasan di pasar swalayan dan tradisional Sidomulyo.

"Dari Sembilan sampel makanan di Pasar Sidomulyo ada beberapa yang mengandung Boras pada bleng. Sedangkan, pada kelanting serta cendol ditemukan zat mengandung rodamin B dan zat pewarna tekstil," terang Firdaus di pasar Sidomulyo, Rabu (6/6/2018).

Dikatakannya, ciri-ciri makanan yang mengandung zat pewarna bakal tampak merah keunguan. "Makanan yang mengandung bahan kimia obat, dalam penjualannya akan kita lakukan pembinan. Produk yang mengandung zat kimia tersebut akan dilakukan penyitaan," jelas dia.

"Jadi, disini kami mengimbau agar konsumen dapat lebih cerdas yaitu agar membeli produk pangan tertentu yang tipe warnanya tidak menyolok. Kami bersama UPT pasar Sidomulyo melakukan pembinaan kepada pedagang agar menjual makanan yang di perbolehkan," imbuhnya menutup. (bram/ade)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga