Kakan Pertahanan Pesawaran, Lantik 31 Petugas PTSL

Rabu, Juni 06, 2018
Pesawaran (SNC) : Kepala kantor Pertanahan Kabupaten Pesawaran Nurus Sholichin melantik sebanyak 31 satuan tugas Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2018 sekaligus acara buka bersama karyawan dan karyawati kantor pertahanan Kabupaten Pesawaran, Rabu (6/6/2018).

"Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, Berdasarkan Peraturan menteri agraria dan tata ruang kepala badan pertanahan negara republik indonesia nomor 6 tahun 2018, tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap," jelasnya

 31 satuan tugas yang di lantik dibagi ke dalam Empat tim. Setiap timnya ditugaskan untuk membantu proses sertifikasi sebanyak 4000 bidang sampai dengan 5000 bidang tanah dari total 19200 bidang tanah yang ada di Kabupaten Pesawaran

"Diharapkan dengan dilantiknya para petugas ini bisa membantu masyarakat. Sehingga, tanah milik masyarakat ini punya kepastian hukum nantinya," katanya.

Kepala kantor Pertanahan juga mengajak dan minta dukungan semua kepala desa agar ikut mensukseskan program tersebut, karena kepala desa adalah satu kesatuan.

"Kalau BPN, kan, sudah terbiasa masalah mengurus sertifikat ini. Namun, karena jumlahnya banyak tentu butuh tim. Salah satunya perangkat desa yang tahu kewilayahannya," tuturnya.

Dengan dilantiknya para petugas PTSL ini untuk mempercepat pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat secara pasti, sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka, serta akuntabel, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Saya berharap agar kejelasan hukum berupa sertifikat tanah ini bisa meningkatkan ekonomi warga, Sebab, sertifikat ini bisa juga digunakan masyarakat untuk agunan peminjaman modal usaha," terangnya.  (*)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga