Mentri Perhubungan Tinjau Kesiapan Arus Mudik Pelabuhan Bakauheni

Sabtu, Juni 02, 2018
Lampung Selatan (SNC): Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau persiapan penyelenggaran angkutan Lebaran 2018 di Pelabuhan Bakauheni,  Sabtu (2/6/2018).

Kedatangan Menhub di pelabuhan Bakauheni didampingi Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, disambut oleh Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi serta General Manager PT ASDP cabang Bakauheni Anton Murdianto dan Kapolres Lampung Selatan AKBP M. Syarhan.

 Penyambutan berlangsung di titik koordinat helipad dermaga VI Pelabuhan Bakauheni. 

Dalam kunjungan ini Menhub, Budi Karya Sumadi meminta ASDP tidak hanya menyiapkan dermaga VII khusus untuk mengangkut pemudik sepeda motor. Namun, juga menyiapkan dermaga terdekat dengan dermaga VII untuk mengantisipasi antrean panjang kendaraan roda dua, Sebab diprediksi pada Lebaran tahun ini, jumlah pemudik sepeda motor mencapai 60 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang pejalan kaki. 

“Jika terjadi kepadatan atau antrean panjang pemudik sepeda motor yang terlalu lama akan membuat marah. Untuk itu perlu disiapkan dermaga terdekat untuk mengantisipasinya,” kata Menhub saat meninjau kesiapan PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni menghadapi arus mudik Lebaran 2018, Sabtu (2/6/2018).

Menhub juga mengapresiasi kerjasama yang baik antar lintas sektoral, sehingga persiapan angkutan Lebaran di Pelabuhan Bakauheni terpantau baik.

“Pelabuhan Bakauheni telah siap secara maksimal menghadapi arus mudik. Kesiapan itu bisa dilihat dari kesiapan sarana dan prasarana oleh para pemangku kepentingan di Pelabuhan Bakauheni,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu Menhub bersama rombongan meninjau kondisi loket tiket penumpang jalan kaki,  dermaga I, II dan III serta meninjau persiapan terninal pejemputan penumpang pelabuhan Bakauheni.

Menhub juga menelusuri panjang lorong gang way (jalan penumpang jalan kaki menuju maupun terminal)  dan sempat melakukan tanyajawab dengan penumpang dan petugas loket tiket penumpang.(bram/ade)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga