Pemkab Pesawaran Putus Kontrak KerjaTenaga Honorer Nyaleg

Senin, Agustus 20, 2018
Pesawaran (SNC): Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran akan memutus kontrak kerja beberapa tenaga honorer Pesawaran yang mencalonkan diri pada pileg 2019

 Sekretaris Daerah Pesawaran, Kesuma Dewangsa mengatakan langkah pemutusan kontrak ini dilakukan berdasarkan regulasi yang ada. 

Ia meralat terkait permintaan dirinya yang meminta KPU membatalkan pencalonan Bacaleg Honorer yang tidak mengundurkan diri sebelumya,

 sebab sesuai peraturan, tenaga honorer yang mencalonkan diri tersebut akan diberhentikan setelah ditetapkan DCT nantinya

 "Jadi kalau ada tenaga honorer yang ikut mendaftar sebagai Caleg tidak perlu mengusulkan mundur, tapi secara otomomatis akan kita putus kontraknya bila sudah ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT)," ujarnya, Senin (20/8/2018)

Ia pun mengaku telah meminta kepada seluruh OPD untuk melakukan mapping terkait hal ini. 

"Saya sudah sampaikan ini kepada para Kepala OPD untuk bisa mendata pegawainya baik ASN maupun Honorer yang ikut nyaleg pada tahun 2019 mendatang," akunya. 

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Pesawaran Amin Udin menuturkan bahwa, mengenai status tenaga honorer harus mundur yang mendaftar sebagai Calon Legislatif sebenarnya bukan menjadi syarat utama.

"Namun itu tergantung dari instansi dimana ia bekerja boleh atau tidaknya ikut sebagai Caleg," tuturnya. 

 "Memang diaturan ada syarat mundur tapi, itu hanya untuk ASN, Polisi, dan TNI, sedangkan untuk tenaga honorer itu bukan keharusan, tapi kembali pada instansi tempat ia bekerja," lanjutnya. (KTR/za)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga