Kembali Tulang Bawang Raih WTP Dari Pemerintah Pusat

Rabu, Oktober 24, 2018
Tulang Bawang (SNC) : Kabupaten Tulang Bawang kembali merahi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah oleh pemerintah pusat.

Raihan kali ini berbarengan dengan 13 Kabupaten/Kota lainnya, seperti Kota Bandar lampung, Kota metro, Lampung barat, Pringsewu, Mesuji, Tulangbawang Barat, Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Utara, Pesawaran, Way Kanan dan Provinsi Lampung.

Dengan raihan ini Tulang Bawang tercatat sebagai peraih WTP 4 tahun berturut-turut. Penghargaan ini diberikan di Gedung Serba Guna (GSG) Semergow Kanwil DJPb, Kota Bandarlampung.

"Saya berharap ini walau raihan prestasi ke-4 Tahun berturut-turut untuk Kabupaten Tulangbawang, tetapi ini awal bagi saya untuk lebih baik lagi, baik dalam hal penggunaan maupun pelaporan anggaran Tulangbawang," Kata Bupati Tulangbawang, Winarti, Rabu (24/10/2018).

Kakanwil DJPb, Alfiker Siringo Ringo menyampaikan bahwa laporan keuangan yang mendapat opini WTP, minimal memiliki dua implikasi dengan penggunaan anggaran, serta laporan keuangan

"Implikasi merupakan keputusan Pemda atas penggunaan anggaran berguna pada masyarakat. Bisa dibuktikan dengan hasil pekerjaan di lapangan, bermanfaat bagi masyarakat, begitu pula indikator pembangunan berdasarkan WTP, Pemda yang telah mendapatkan 4 kali berturut-turut dan memiliki indikator lebih baik berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) lebih baik dari daerah lain," urai Kakanwil DJPb Alfiker Siringo Ringo.

Dia menjelaskan, bahwa Tahun ini ada 13 Pemda yang menerima WTP sama dengan tahun kemarin, kedepannya diharapkan setiap rupiah anggaran yang digunakan bisa dipertanggung jawabkan secara akuntabel berdasarkan azaz manfaat.

Sementara itu Wakil Gubernur Lampung Bahtiar Basri, mengatakan bahwa setiap peraih WTP adalah tergantung pemimpinnya, ingin laporannya baik atau tidak, 

"Untuk semua Kepala Daerah di Lampung tolong jaga komitmen dalam hal penganggaran yang baik, sebab penggunaan anggaran yang baik dan pelaporan yang baik akan menghasilkan pembangunan yang baik bagi masyarakat, jangan ada lagi pemimpin daerah kita yang berurusan dengan hukum," pesan Wakil Gubernur. (Sunardi) 

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga