Tinjau Lahan Bakal Gedung PN Pesawaran, Dirjen Sebut 2019 Terealisasi

Rabu, November 21, 2018

Pesawaran (SNC): Direktur Jendral (Dirjen) Badan Peradilan Umum Dr. H.Heri Swantoro, SH.MH, meninjau  lahan seluas 1 hektar yang akan dibangun Gedung Pengadilan Negeri kelas ll Pesawaran di Desa Taman Sari Gedongtataan, Rabu (21/11/2018).

Dalam kunjungan ini Dirjen disambut oleh bupati Dendi secara lansung. Heri mengatakan gedung tersebut memang harus dibangun ditanah luas tersebut, sebab gedung pengadilan Negeri yang saat ini dimiliki Kabupaten Pesawaran baru bersifat sementara.

“Nantinya dalam anggaran 2019 akan direncanakan sesuai dengan pola yang ada karena proteknya sudah ada,” kata Heri Swantoro.

Heri menuturkan pada tahun 2019 gedung tersebut sudah harus teralisasi “Mudah-mudahan di tahun 2019 kalau tidak ada perubahan kebijakan moratorium dan sebagainya Insya Allah terlaksana pembagunannya,” terangnya

Dalam kesempatan tersebut Heri juga sempat mengomentari soal gedung sementara Pengadilan Negeri Gedongtataan. Heri menjelaskan bahwa meskipun masih sementara ia menilai sudah cukup luar biasa, walaupun gedungnya itu masih gedung darurat.

“Saya beserta rombongan dirjen melihat luar biasa sekali yang pertama bahwa penyelenggaraan peradilan kususnya pelayanan persidangan sudah bejalan dengan maksimal meskipun gedungnya masih darurat.  Artinya bukan didesain untuk pengadilan, tetapi berkat bantuan penuh dari pemda terutama bupati dan dukungan forkopinda semua bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Karena dengan adanya Kantor Pengadilan Negeri Gedongtataan Kelas ll meskipun masih sementara manfaat yang dirasakan oleh masyarakat Pesawaran khususnya, untuk yang mencari keadilan bisa langsung dirasakan lantaran jaraknya tempuhnya lebih dekat.

“Dengan adanya kantor PN ini, yang mendapat manfaat adalah masyarakat pencari keadilan warga masyarakat gedongtataan pesawaran aksesnya lebih mudah dan dekat karena dulu itu. Kita mesti ke Kalianda sekarang tidak lagi cukup di Pesawaran yang tidak memerlukan biaya yang cukup besar,” ungkapnya.

Jadi kedepan lanjutnya, kewajiban dari pimpinan pengadilan khususnya untuk ketua dan wakil dan seluruh jajarannya, agar dapat menjadi ujung tombak pengadilan hukum mewakili mahkamah agung bisa memberikan pelayanan secara maksima, memberikan kepastian hukum dan memberikan keadilan bagi masyarakat Pesawaran

“Alhamdulilah masyakat Pesawaran sudah dilayani oleh pelayanan terpadu satu pintu. Sudah ada ruang persidangan bahkan peradilan anak pun sudah ada plus protokolernya sudah lengkap.Ruang tahanannya pun sudah bagus sudah sesuai dengan standar dan manusiawi,” tutupnya. (red)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga