Antisipasi Rusuh, Polres Pesawaran Terjunkan Setengah Personel Amankan Pleno KPU

Kamis, Mei 02, 2019
Pesawaran (SNC) :  Rapat Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Gedung Koni Kecamatan Gedongtataan, mendapat penjagaan ketat dari Anggota Polres Pesawaran. 

Dilokasi Gedung seluruh tamu undangan nampak dilakukan pemeriksaan. Polisi ingin memastikan bahwa tidak ada yang membawa senjata tajam saat pleno dimulai, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan

Dalam pengamanan ini Kapolres Pesawaran, AKBP Popon Ardianto Sunggoro menuturkan, jika pihaknya menurunkan lebih dari setengah kekuatan personel untuk pengamanan rapat rekapitulasi tersebut. 

"Kita siapkan tiga per empat kekuatan personel untuk pengamanan, dan jika ada kericuhan makan kita ambil tindakan terukur kepada pelaku pembuat ricuh," ujar Kapolres saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Kamis (2/5). 

Sementara itu, Ketua KPU Pesawaran, Amin Udin menjelaskan, rapat pleno rekapitulasi suara tersebut akan di mulai pada pukul 8.30 Wib, namun sebelum dimulai akan di adakan dulu acara pembukaan.

"Pleno rekapitulasi suara ini pada prinsipnya, di semua kecamatan yaitu 11 kecamatan, dan di hadiri semua partai politik, namun untuk saksi pemilu dari parpol kita batasi, maksimal sebanyak 4 orang satu parpol, yang mendapat mandat dari partai politiknya, semoga pleno hari ini bisa kelar satu hari, itu harapan kita," katanya.

Dirinya berharap dengan digelar nya pleno hari ini dapat menetapkan dan menghasilkan rekapitulasi suara sesuai dengan pilihan rakyat Kabupaten Pesawaran.

"Saya menghimbau kepada semua partai politik maupun saksi-saksinya, mari kita ikuti dengan baik, jika ada hal-hal yang perlu disampaikan, maka sampaikan lah dengan baik, untuk rekapitulasi suara hari ini dapat berjalan dengan baik, mari kita sama-sama menjaga kondusifitas sehingga nanti akan terlaksana dengan aman dan damai," jelas dia. (red)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga