Dalami Karakter, SDN 37 Taman Sari Ikut Kemah Meriahkan Hari Pramuka ke-58,

Rabu, Agustus 14, 2019
Pesawaran (SNC): Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka SDN 37 Taman Sari Kecamatan Gedongtataan, ikut menggelar Kemah Galang Tegak 2019 dalam rangka menyambut Hari Pramuka ke-58 di bilangan PTPN VII Way Lima, Bronjong  Desa Cipadang, Kecamatan Gedongtataan. 

 Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari sejak hari Senin( 12/8/2019) hingga Rabu 14 Agustus 2019 ini diikuti jumlah sekitar 720 peserta, yang terdiri dari 60 sekolah tingkat SD se-Kecamatan Gedongtataan.

Perkemahan ditandai dengan upacara pembukaan dipimpin langsung Ketua Kwartir Pesawaran, Arya Guna

“Dengan digelarnya perkemahan ini, anggota Pramuka di sekolah kami lebih mendalami lagi karakter dan jiwa kepanduan sesuai dengan Dasa Dharma dan Tri Satya,”kata Kepala Sekolah SDN 37 Taman Sari, Sri Sudarti SPd saat ditemui “Sakanews.com”di lokasi Perkemahan, Rabu (14/8/2019).

Kegiatan kemah Pramuka ditingkat Kwartir Ranting Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran ini di buka dengan upacara HUT hari Pramuka ke-58 dengan menampilkan perlombaan antar regu penggalang dari setiap sekolahan. 

Kegiatan berupa perlombaan-perlombaan yang mencerminkan dalam penguatan krakter untuk menjaga sikap mental yang lebih terlatih serta karakter yang mengandungnilai nilai religius, integritas, mandiri, nasionalis dan gotong royong dan kedisiplinan

Dikatakan Sri, dalam kegiatan tersebut anggota Pramuka dari perwakilan kwartir ranting 60 sekolah SD tersebut langsung belajar dan mempraktekkan nilai-nilai luhur, yang dipraktekkan langsung dilokasi perkemahan. 

“Jadi, kegiatan perkemahan bukan sekedar mengenalkan alam kepada siswa, akan tetapi juga memberikan pelajaran tentang kerja sama, tanggung jawab dan kemandirian. Selama ini anak-anak masih tergantung kepada orang tua. Ditempat perkemahan mereka dididik untuk mandiri dan menjadi pemimpin,”ujarnya

“Saya berharap, dengan kegiatan perkemahan Pramuka dalam rangka HUT-nya ini agar pramuka titingkat penggalang dapat menjadi garda terdepan dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa NKRI ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat,”ungkap dia

Diketahui di bumi perkemahan tersebut menyelenggarakan berbagai kegiatan, diantaranya mengadakan perlombaan antar siswa berupa lomba membaca ayat suci alqu’an (MTQ,red), Bionering, pentas seni, api unggun dan lainnya.

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pesawaran, Aria Guna mengatakan, Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya untuk memeriahkan hari Pramuka.

 “Kegiatan perkemahan ini bertujuan untuk memotivasi sekolah-sekolah yang belum aktif kegiatan kepramukaannya sehingga menjadi aktif. Kemudian peran Pramuka harus lebih ditingkatkan selain menciptakan karakter generasi muda yang disiplin juga menumbuhkan semangat baru dalam jiwa muda yang mempunyai ketangguhan dan tanggung jawab,” Tambah Aria. (enal)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga