Peringati Tahun Baru Islam, SMAN 1 Negeri Katon Gelar Pengajian

Senin, September 09, 2019
Pesawaran (SNC): Peringatan Tahun Baru 1 Muharram 1441 H/2019 M di SMAN 1 Negeri Katon Kabupaten Pesawaran dilaksanakan di lapangan upacara sekolah yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi sekolah beserta dewan guru dan kepala sekolah, Jumat (5/9). 

Peringatan tahun baru Islam ini diisi dengan siraman rohani oleh Ustadz Mubaroq S.Ag dan dilanjutkan dengan Pemilihan Ketua Osis dengan 5 pasang calon peserta untuk merebutkan kedudukan sebagai ketua OSIS.

Dalam uraian siraman rohaninya ini, Ustadz Mubarok S.Ag  dari Desa Sidomulyo memberikan tips kepada seluruh hadirin untuk berubah, berhijrah menjadi orang yang sukses antara lain dengan menerapkan tiga hal: pertama, kita harus dapat merubah mindset/pikiran buruk dengan terus menjaga hati dari hal-hal yang jelek. Kedua, memperbaiki hati dengan memperbanyak shalawat dan bacaan Al Fatihah. Dan yang ketiga adalah memperbaiki amalan terutama sholat.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Negeri Katon, Rasiman,  mengajak para siswa, khususnya peserta didik untuk berhijrah dengan sebenar-benarnya. Berhijrah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan berprestasi.

"Diadakannya perayaan tahun baru Islam ini adalah agar para siswa muslim mengingat tahun Islam dan juga mengingatkan siswa pada perjuangan Nabi Muhammad SAW yang pada zaman dahulu hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Bukan hanya itu saja,"kata Rasiman.

Masih kata Rasiman, diadakannya acara ini adalah untuk mengajak para siswa berhijrah menjadi manusia yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya yang berakhlak karimah.

Di sisi lain Waka Kesiswaan, Hamdan S.Pd menggemukan, dengan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H ini, kita manfaatkan  tahun baru Islam sebagai momentum perbaikan diri, menjadi pelajar yang lebih terampil dan anggun dalam budi pekerti. "Dengan adanya pengajian tauziah ini kita jadi mengetahui makna arti dari hari baru Islam tersebut,"ujarnya.

Tahun baru Islam, menurut Hamdan, adalah sebuah peristiwa besar dan sangat bersejarah bagi kehidupan dan peradaban umat manusia, khususnya bagi umat islam di seluruh dunia. Peristiwa tersebut memperlihatkan keuletan, ketangguhan, keyakinan dan ketakwaan Nabi Muhammad SAW dalam mengemban tugas dakwah islamiyah.

Kepsek dan seluruh dewan guru, lanjut Hamdan, sangat mengapresiasi kegiatan ini yang di prakaisai oleh selurh dewan guru dan rakyat sekolahan SMAN 1 Negeri Katon.
“Semoga mementum Tahun baru islam bisa dijadikan sebagai ajang untuk berhijrah, bukan berarti hijrah yang berpindah tempat, akan tetapi gijrah zaman now adalah perubahan pola pikir, pola hidup serta karakter kita agar bisa menajdi pribadi yang lebih baik lagi,”lanjutnya.

Ia melanjutkan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai iman dan Taqwa kepada Allah SWT sebagai landasan pacu menuju akhlak yang terpuji apalagi dalam menghadapi era globalisasi, selanjutnya, dalam rangka memperkuat ukhuwah islamiyah antar peserta didik, dan yang terpenting adalah untuk menghidupkan syiar islam.

 “ Semoga kegiatan ini bisa memberi motivasi sekaligus menjadi awal kebangkitan bagi kita semua khususnya di SMAN 1 Negeri Katon,”tandasnya.

Pada penutupan kegiatan itu, juga diadakan tanya jawab dengan seluruh siswa siswi SMAN 1 Negeri Katon,  dengan antusiasnya para siswa mengajukan pertanyaan. (Jurnalis sekolah/nal)

Bagikan Berita Melalui

Baca Juga